Penggunaan software accounting
sangat diperlukan oleh perusahaan-perusahaan baik perusahaan besar maupun
perusahaan kecil untuk lebih mempermudah melakukan proses-proses yang akuntansi
seperti penjurnalan, pembuatan laporan keuangan, penyusunan daftar gaji,
laporan laba/rugi dll.
Didasari oleh maraknya penggunaan software atau perangkat
lunak akuntansi ini, pengembang software pun berlomba-lomba untuk menyediakan
software yang terbaik untuk perusahaan-perusahaan tersebut. Software yang ada
pun semakin berkembang pesat dan semakin mudah untuk digunakan. Berikut ini
adalah software-software akuntansi yang lazim digunakan oleh perusahaan antara
lain:
1. Software akuntansi berbasis DOS
1. Software akuntansi berbasis DOS
2. MYOB
3. Quick Book Enterprise Edition
4. Accurate
5. Zahir Accounting
6. Krishand General Ledger Versi 4.0
7. Microsoft Office Accounting Express
(MOAE)
8. DacEasy Accounting 3.0
Tiap-tiap software memiliki kelebihan dan kekurangan. Kita
akan membahas tentang hal tersebut untuk membandingkan manakah software
akuntansi terbaik dari 8 software di atas.
1. Software akuntansi berbasis DOS
Hingga saat ini, banyak perusahaan yang yang masih menggunakan software
akuntansi yang menggunakan sistem operasi DOS karena perusahaan enggan untuk
mengeluarkan biaya lebih untuk membeli lisensi dari software-software akuntansi
terbaru atau perusahaan enggan untuk beralih ke software akuntansi baru karena
sudah merasa cukup dengan software akuntansi yang saat ini digunakan.
Kelebihan:
a. Membutuhkan spesifikasi
komputer yang sangat minim dan bisa
berjalan dalam komputer pentium
I.
b. Respon cepat
c. Jarang diserang virus. Hal ini karena kebanyakan
virus berjalan di sistem operasi Windows, sedangkan software akuntansi
ini menggunakan DOS sehingga cukup aman dari virus
d. Real time maksudya adalah data
yang diinput akan segera tersimpan di dalam database, sehingga bila terjadi
pemadaman listrik tiba-tiba saat kita tengah melakukan proses penginputan data,
kita tidak perlu melakukan penginputan ulang karena data yang sebelumnya kita
masukkan akan secara otomatis tersimpan dalam database.
Kekurangan:
a. Tampilan masih monokrom (hitam-putih)
sehingga memberikan kesan kurang nyaman pada saat penginputan data.
b. Memerlukan printer dot matriks dengan harga
perawatan printer yang sangat mahal dan bersuara berisik yang dapat mengganggu
kinerja perusahaan.
c. Hasil cetak biasanya memerlukan kertas khusus
untuk printer dot matriks dan biasanya berukuran besar (A3) yang kurang
efisien.
d. Sangat sulit untuk melakukan upgrade bila
perusahaan mengalami perkembangan usaha.
2. MYOB Accounting Plus 13
MYOB (Manage Your Own Business) merupakan software akuntansi buatan
Australia. Software ini banyak sekali digunakan di Indonesia, bahkan telah
menjadi materi wajib bagi siswa SMK atau mahasiswa perguruan tinggi Akuntansi,
lembaga kursus khususnya untuk materi komputer Akuntansi
Kekurangan:
1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh MYOB.
2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
4. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
5. MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
1. Easy of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2. Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4. Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5. Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran Accounting.
6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
7. Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (diluar training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan setup dan implementasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya; tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan tersebut.
8. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat diselesaikan dengan cepat pula.
1. Database MYOB merupakan database yang dikunci, artinya pengguna tidak dapat melakukan modifikasi laporan, modifikasi field di MYOB, sehingga customization apabila diperlukan relatif sulit dipenuhi oleh MYOB.
2. MYOB merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
3. Tidak ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi, maintenance, jenis barang dan lainnya.
4. Kelemahan Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
5. MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
1. Easy of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah disusun sebelumnya.
2. Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat diandalkan.
3. Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang harus dilakukan.
4. Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian upgrade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan pembelian baru.
5. Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari pelajaran Accounting.
6. Dapat digunakan untuk memantau 3 tahun periode pembukuan, artinya dalam kurun 3 tahun manajemen masih dapat melihat transaksi selama 3 tahun kebelakang tanpa perlu melakukan proses tutup buku.
7. Nilai investasi yang relatif murah. Harga produk termahal adalah kurang dari USD 1.000,- (diluar training dan implementasi). Kuncinya adalah pelaksanaan setup dan implementasi. Pilihlah perusahaan yang memiliki tenaga yang telah memiliki pengalaman dalam melakukan implementasi MYOB. Lebih banyak perusahaan yang telah diimplementasikannya; tentunya lebih banyak manfaat yang dapat kita peroleh dari pengalaman konsultan tersebut.
8. Jangka waktu implementasi yang relatif cepat. Sepanjang data untuk keperluan implementasi seperti data detail neraca dan rugi laba dapat anda siapkan dengan cepat; maka implementasi MYOB akan dapat diselesaikan dengan cepat pula.
3. Quick Book 5.0 Enterprise Edition
Software ini memiliki 5 versi, antara lain:
- Manufacturing & Whole Sale Edition
- Retail Edition
- Accountant Edition
- Contractor Edition
Quickbook ini kurang dikenal di Indonesia, padahal software
ini memiliki fungsi dan fitur yang sangat komplet.
Kelebihan:
1. Sama halnya dengan MYOB, software ini memiliki
fitur multi user
2. Memiliki fitur multi currency (support dengan
banyak mata uang). Hal inilah yang belum ada pada MYOB v13.
3. Tampilan yang menarik, fitur yang lengkap
disertai tutorial dalam bentuk pdf dan video.
4. Format laporan sangat lengkap disertai grafik
dan hasil analisa, sehingga sangat membantu un utuk melakukan pengambilan
keputusan yang berhubungan dengan keuangan.
5. Fungsi reminder, multi
departemen, multi gudang, payroll, multi cabang dengan fasilitas
sinkronisasi yang sangat powerful
6. Software ini akan lebih maksimal jika
disinkronisasikan dengan Quickbook Point of Sale dan juga Quick Book Asset
Manager.
7. Sama halnya dengan MYOB, laporan dan form
yang sudah diinput bisa diekspor Microsoft Office dan PDF.
8. Form dan laporan bisa diatur sesuai
kebutuhan.
9. Digit angka yang banyak sehingga bisa digunakan pada
perusahaan besar. Hal ini belum dimiliki pada MYOB v13.
Kekurangan
1. Untuk keperluan analisa bisnis, keuangan, dan
akuntansi hampir tidak memiliki kekurangan. Hanya dari sisi keterbatasan bahasa
karena tutorial belum dibuat dalam bahasa Indonesia.
4. Accurate 3.3.0
Accurate 3.3.0 versi bahasa Indonesia merupakan software
adaptasi
dari Accurate International. Tampilan yang sederhana (mirip
MYOB) namun elegan denganbanyak pilihan skin sehingga terkesan modern dan juga
untuk menghilangkan kejenuhan karena skin dapat diganti-ganti.
Kelebihan:
1. Kelebihan ada pada segi bahasa, karena
terdapat pilihan bahasa Indonesia, sehingga lebih mudah dipelajari.
2. Kemampuan modifikasi form dan laporan.
3. Support dengan sistem perpajakan yang berlaku
di Indonesia.
4. Multiuser, multi departemen, multi gudang,
multi proyek dan multi currency. MYOB v13 belum memiliki fitur multi gudang dan
multi currency sehingga Accurate 3.3.0 ini sedikit di atas MYOB v13
5. Sama halnya dengan MYOB dan juga Quickbook,
laporan yang sudah dibuat dapat diekspor ke format Microsoft Excel, Notepad,
HTML dan PDF.
6. Mendukung fitur reminder dan email. Hal ini
juga dimiliki oleh Quickbook.
Kelemahan:
1. User hanya bisa login sebagai supervisor.
2. Hanya bisa membuka database di hard
disk drive lokal komputer.
3. Tidak mendapat keistimewaan berupa potongan
harga trade in atau major upgrade.
4. Tidak bisa migrasi.
5. Zahir Accounting
Zahir Accounting adalah software akuntansi keuangan terbaik, penuh inovasi yang
sangat berbeda dengan software akutansi lain. Zahir Accounting Software disebut “business
management software.”
Kelebihan:
a. Mudah digunakan oleh non Akuntan
b. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
c. Faktur dan Laporan dapat Didesain
d. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
e. Menggunakan Database Client Server
f. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
g. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
h. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)
Kelemahan:
a. Harga untuk licensinya mahal
b. tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
c. Hanya memiliki satu mata uang.
a. Mudah digunakan oleh non Akuntan
b. Desain User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
c. Faktur dan Laporan dapat Didesain
d. Laporan dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
e. Menggunakan Database Client Server
f. Fasilitas dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
g. Berbagai Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
h. Laporan dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)
Kelemahan:
a. Harga untuk licensinya mahal
b. tidak dapat secara otomatis menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi biaya, bukan biaya sesungguhnya.
c. Hanya memiliki satu mata uang.
6. Krishand
General Ledger Versi 4.0
Fitur-fitur standar Krishand GL :
- Berbasis
Windows.
- Multi
user, sederhana, dan mudah digunakan.
- Multi
cabang, multi currency, multi cost center dan user defined key analysis
- Dapat
digunakan oleh semua jenis usaha.
- No.
Perkiraan dapat disetup sendiri oleh user dengan maksimum 12 karakter.
- Dapat
menginput jurnal untuk periode yang akan datang tanpa harus menutup
periode yang sedang berjalan.
- Bisa
mencatat nilai mata uang asing dan pembuatan jurnal selisih kurs secara
otomatis
- Proses
posting dan unposting dapat dilakukan setiap saat. Proses unposting
dilakukan jika ingin koreksi jurnal periode yang telah ditutup.
- Buku
Besar dan Neraca Saldo dapat dilihat setiap saat tanpa perlu proses posting.
- Nilai
debet/kredit mencapai 99.999.999.999.999.
- Dapat
mengedit transaksi jurnal tahun sebelumnya dan fasilitas pindah saldo.
- Penomoran
bukti jurnal secara otomatis dan fungsi penyusunan ulang nomor bukti
jurnal.
- Format
tampilan laporan keuangan dapat disetup sendiri oleh user sehingga Anda
dapat menghasilkan laporan keuangan yang tampilannya berbeda untuk
beberapa pihak yang berbeda kepentingan.
- Custom
report formatting untuk berbagai macam laporan anlisa sesuai dengan
kebutuhan Anda.
- Laporan
dapat diekspor ke Microsoft Excel.
7. Microsoft
Office Accounting Express (MOAE)
Kelebihan:
1. Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi
2. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu.
3. bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
4. menyediakan fitur pengelolaan data klien
Kelemahan:
1. Dalam hal perpajakan (MOAE) tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
2. Untuk fitur - fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.
Kelebihan:
1. Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan akuntansi
2. Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data sumber (faktur, slip setor, dan nota-nota lainnya) tanpa harus melakukan penjurnalan terlebih dahulu.
3. bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau laporan lainnya sewaktu-waktu.
4. menyediakan fitur pengelolaan data klien
Kelemahan:
1. Dalam hal perpajakan (MOAE) tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia.
2. Untuk fitur - fitur pajak yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin dibebankan terhadap suatu transaksi.
8. DacEasy
Accounting 3.0
Kelebihan:
a. Respon cepat
b. Jarang terkena virus
c. Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan:
a. Tampilan masih hitam putih
b. Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
c. Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
sumber : 5 software akuntansi + kelemahan + kelebihan.2011.http://shared-information.blogspot.com/2011/07/5-software-akuntansi-kelemahan.html
kelebihan dan kekurangan software akuntansi.2012.http://teebriz.blogspot.com/2012/04/kelebihan-dan-kekurangan-software_27.html
software akuntansi.2010.http://www.krishand.com/software-akuntansi-indonesia
Kelebihan:
a. Respon cepat
b. Jarang terkena virus
c. Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak terduga, contohnya mati lampu.
Kelemahan:
a. Tampilan masih hitam putih
b. Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
c. Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
sumber : 5 software akuntansi + kelemahan + kelebihan.2011.http://shared-information.blogspot.com/2011/07/5-software-akuntansi-kelemahan.html
kelebihan dan kekurangan software akuntansi.2012.http://teebriz.blogspot.com/2012/04/kelebihan-dan-kekurangan-software_27.html
software akuntansi.2010.http://www.krishand.com/software-akuntansi-indonesia
ada juga software akuntansi Mas software http://www.mas-software.com/ .
BalasHapusSoftware akuntansi ini telah berdiri sejak 8 April 1984.
Disini ada Software Akuntansi Paling bagus dan sederhana gan,
BalasHapuszahir
Hapusnumpang iklan gan ane juga ada software andalan yaitu 7soft yang punya 7 keunggulan fitur.visit link : http://seventhsoft.net
BalasHapusEasy accounting System..
BalasHapussoftware akuntansi dengan keunggulan import transaksi dari Ms Excell ke System Easy.
www.easyaccountingstore.com
Sekarang software akuntansi EASY ACCOUNTING SYSTEM lebih stabil dan didukung oleh team support mulai dari call center, email, chat sampai team viewer..
BalasHapuswww.easyaccountingstore.com
download software easy
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusSoftware yang cocok buat jasa keungan koprasi simpan pinjam ?
BalasHapusTolong kasih tau infonya
coba cek disini gan Software Koperasi simpan pinjam
Hapusnih juga ada software akuntansi dan laporan keuangan murah.
BalasHapusCek di http://kementeriankeuangan.com/ atau kunjungi Software Akuntansi
mengetahui macam macamnya saja tidak cukup, kita juga harus mengetahui bagaimana cara memilih software akuntansi keuangan yang tepat untuk bisnis kita.
BalasHapusInfo yang bagus gan mungkin saya tambahkan sedikit info kini ada software yang sebaik dengan list software diatas
BalasHapusLIMAX Accounting Software sudah berkiprah selama lebih dari 15 tahun dan telah memiliki ratusan client dalam bidang usaha yang sangat bervariasi.
Program kami juga telah siap pakai dan dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan perusahaan
hmm.. MYOB PREMIER menurutku yg lebih bagus... selain dah digunakan hampir seberataan dunia accounting, MYOB masuk dalam mata pelajaran waktu kita diSMA dulu. Nah bagi rekan2 yang mau MYOB PREMIER 7.5 yg sudah multicurrency, multiuser, dapat diinstall di Windows 10, Licensi murah banget 250 rb/Licensi), FULL VERSION dapat menghubungi saya di 0813 48 021 778 (WA Available). Terima kasih.
BalasHapus