Kamis, 08 Oktober 2015

ETIKA


Etika adalah suatu sikap dan prilaku yang menunjukkan kesedihan dan kesanggupan seseorang secara sadar untuk mentaati ketentuan dan norma kehidupan yang berlaku dalam organisasi. Etika juga bisa diartikan suatu ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia.
Ketika saya masih anak-anak, nenek saya banyak memberitahu kepada saya pantangan ataupun larangan yang ia anggap tabu dan jika kita lakukan konon akan memberikan akibat jelek bagi kita yang melakukannya, kata nenek pantangan atau larangan ini sudah menjadi tradisi dan turun temurun secara mulut kemulut serta dongeng. Tradisi pantangan ataupun larangan ini pasti ada di tiap daerah dan tentunya ini semua tergantung dari kita untuk menyikapinya,percaya atau tidak.  Pada saat sekarang mitos itu masih banyak terdengar di masyarakat saat ini dan banyak orang yang masih mempercayai itu.
Namanya juga mitos, mau percaya atau tidak, sebenarnya semua itu kembali kepada diri sendiri. Tetapi, seringkali orang justru terbius kata mitos, dan menganggapnya sebagai sebuah misteri yang makin lama makin bikin penasaran. Padahal, kalau dipikir dengan logika hal-hal yang disebut mitos itu ada penjelasannya. Sebagai manusia berpikir (homo sapiens), adalah konyol jika Anda masih percaya dengan mitos.
      Seperti hal nya ibu hamil harus selalu membawa gunting.
di beberapa daerah ada sebuah mitos di mana seorang wanita yang sedang hamil harus selalu membawa gunting kemanapun ia pergi agar janin yang di kandungnya sehat dan tidak terkena gangguan,khususnya gangguan dari setan.
padahal gunting ini jika di selipkan di pinggang dengan tidak hati-hati bisa melukai dirinya terutama saat ia hendak jongkok atau duduk. lebih dari itu selalu membawa gunting bagi wanita hamil sesungguhnya hanyalah mitos belaka karena jika tujuannya agar terhindar dari bahaya yang di sebabkan setan,sesungguhnya setan tidak takut pada gunting.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar